Monday, 14 January 2013

BPR Mustaqim Sukamakmur Aceh Perkuat Kredit Peternakan

Banda Aceh - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mustaqim Sukamakmur Provinsi Aceh akan meluncurkan kredit peternakan dalam upaya membantu permodalan bagi para petani yang ada di daerah tersebut.







Dirut BPR Mustaqim Sukamakmur Provinsi Aceh Teuku Hanansyah di Banda Aceh mengatakan bahwa kredit yang akan disalurkan untuk sektor peternakan tersebut dikhususkan untuk kelompok dengan program penggemukan sapi.

“Kredit peternakan untuk program penggemukan sapi itu akan disalurkan melalui kelompok tani yang dibentuk oleh masing-masing peternak yang ada di Aceh,” katanya, Jumat (11/1/2013).

Dijelaskan, kredit penggemukan sapi tersebut akan disalurkan melalui kelompok dengan pengajuan pembiayaan setiap anggota di bawah Rp10 juta.

“Insya Allah kredit peternakan untuk penggemukan sapi akan berjalan pada tahun 2013,” katanya.

Pihaknya meyakini penyaluran kredit sektor peternakan tersebut akan membantu para petani sebab Aceh memiliki potensi cukup besar untuk peternakan.

“Kami yakin kredit ini sangat membantu para petani dalam mengembangkan peternakannya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan bahwa kredit peternakan yang disalurkan bank milik pemerintah daerah itu menggunakan sistem tanggung renteng dalam penyelesaian pembiayaan tersebut.

“Artinya, risiko dari pembiayaan tersebut ditanggung bersama-sama oleh anggota kelompok penerima manfaat,” katanya Sebelumnya, BPR Mustaqim Sukamakmur menjalankan kredit pertanian yang salah satunya disalurkan untuk kelompok tani yang ada di kawasan Aceh Besar.

Kredit sektor pertanian tersebut telah berjalan dalam beberapa tahun dan kehadiran program pembiayaan untuk sektor pertanian itu sangat membantu para petani dalam meningkatkan produksi dan kesejahteraan.[wartaaceh]

0 komentar: